4 Penyebab Blog Susah di Cari Pada Mesin Pencari Google

 

blog sepi pengunjung

Sebuah pertanyaan yang sering muncul di kalangan blogger pemula seperti saya adalah kenapa kok blog saya tidak muncul di mesin pencari Google? Saya sudah menulis banyak artikel dan blog ini sudah lumayan berumur, tapi kenapa tetap saja tidak ada pengunjung nya?

Untuk blogger yang sudah berpengalaman, membuat sebuah blog yang berkualitas sehingga mendatangkan banyak pengunjung bukanlah hal yang sulit. Mereka sudah tahu seluk beluk dari blog itu sendiri, jadi mereka sudah paham betul triknya supaya blog menjadi ramai.

Lalu bagaimana untuk blogger pemula seperti saya ataupun blogger lama namun malas belajar dalam teknik SEO yang bisa mendatangkan banyak pengunjung? Pasti nasibnya akan sama. Blog mereka akan sepi seperti kuburan.

Salah satu kunci agar blog kita mendapatkan pengunjung ialah blog itu harus mampu ditemukan pada mesin pencari google.

Supaya blog itu bisa lebih mudah muncul di hasil pencarian, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger. Selain template yang digunakan harus fast dan mobile Friendly, pemilihan judul dan isi artikel juga menjadi fokus utama.

Pengunjung bisa datang ke blog kita melalui kata kunci yang mereka ketikan pada mesin pencari. Jika judul artikel kita relevan dengan kata kunci yang mereka cari, maka inilah yang akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita sehingga lambat laun blog kita akan baik dimata Google.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa blog kita sulit mendapatkan pengunjung karena tidak ditemukan di mesin pencari Google.

1. Salah dalam memilih judul blog

Yang satu ini kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula.

Mereka sering membuat judul yang terdiri dari 1 sampai 3 kata.

Lebih parahnya, mereka membuat artikel dengan judul yang asala-asalan alias tidak di riset terlebih dahulu. Maka dari itu sulit untuk mesin pencari menemukan blog mereka.

Untuk blog baru seharusnya ketika akan membuat artikel, kita harus menentukan keyword yang tertarget terlebih dahulu. Cari kata kunci dengan tingkat persaingannya rendah namun tingkat pencarian nya tinggi.

2. Membuat artikel yang asal-asalan

Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah asal-asalan dalam membuat artikel.

Maksudnya begini,

Dia grasa-grusu ingin posting artikel tapi artikel yang dibuat tersebut kurang bagus dan terlalu singkat.

Dalam SEO, kualitas artikel menjadi faktor terpenting. Jumlah kata dalam sebuah artikel pun sangat diperhatikan, semakin banyak jumlah kata yang dibuat maka semakin besar kesempatan blog kamu menduduki peringkat satu mesin pencari.

Biasanya, blogger pemula melakukan kesalahan ketika membuat artikel. Jumlah kata pada setiap artikel yang mereka buat terlalu sedikit. Ya mungkin kurang dari 500 kata, sehingga membuat blognya sulit bersaing.

Sedikit tips untuk blogger baru yang ingin meningkatkan reputasi blognya di mesin pencari dengan cepat ialah selalu membuat artikel setidaknya lebih dari 800 kata, Lebih dari itu lebih baik.

3. Tidak peduli dengan SEO

Ada yang bilang ilmu SEO itu tidak pasti,

Jadi banyak dari blogger yang mengabaikan peranan dari SEO tersebut.

Padahal, teknik SEO menurut saya sangat penting dalam dunia blogging. 

Jadi kita harus selalu belajar lebih mendalam tentang SEO agar blog kita bisa memiliki pengunjung dan baik dimata mesin pencari Google.

Dengan belajar SEO, kamu akan tahu bagaimana cara membuat artikel yang benar, sehingga artikel tersebut akan memiliki banyak peluang ditemukan pada hasil pencarian.

Untuk belajar lebih lanjut, kamu bisa baca artikel yang sudah kami sediakan sebelumnya yaitu tentang Pengertian SEO dan cara menerapkannya.

4. Template yang digunakan kurang SEO friendly

Yang terakhir, Kenapa blog kita sulit ditemukan pada mesin pencari bjsa jadi karena template blog yang kita gunakan sekarang kurang SEO friendly atau kurang ramah dimata mesin pencari.

Penting sekali untuk memperhatikan tampilan blog. Gunakan template yang loadingnya cepat dan Mobile Friendly. Bukan hanya tampilannya yang bagus, template yang SEO friendly juga akan membuat blog kita lebih mudah ditemukan pada hasil pencarian.

Dalam dunia blogging, penting sekali melibatkan SEO dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas sudah pasti mampu bersaing dalam mesin pencari sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita. 

Itulah beberapa penyebab blog sepi dan sulit ditemukan pada mesin pencari Google. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kita sebagai pemula agar tidak lebih grasa grusu lagi dalam membuat artikel. Terimakasih sudah berkunjung!

1 komentar untuk "4 Penyebab Blog Susah di Cari Pada Mesin Pencari Google"